Minggu, 17 Januari 2016

0 Memperbaiki Mesin Rumput dan Membuat Lebih Tangguh

Dulu saya pernah membuat postingan tentang mesin rumput ini, dan memang produk ini cukup tangguh bila digunakan dengan hati-hati. Kelemahannya terdapat pada bagian paling bawah tempat tombol untuk pemanjang senar pemotong rumput yg terbuat dari bahan plastik.


karena sering digunakan untuk memotong rumput di dekat pijakan kaki yg terbuat dari semen kasar, bagian paling bawah mesin ini rusak dan hancur dengan perlahan.
Akhirnya saya coba mengganti bagian yg rusak dengan koin logam.
Tidak mudah mencari cara dan bahan yg akan digunakan, karena bagian yg rusak dan hancur tersebut adalah penyangga pegas untuk pengatur panjang dari senar pemotong rumput.

bagian bawah mesin pemotong masih asli

karena bawah hancur, saya ganti bagian yg rusak dengan koin logam

inilah bagian yg saya perbaiki, bagian ujung masih dalam bentuk aslinya

sesudah saya perbaiki

Siapkan lem korea/ power glue

letakkan koin pada bagian plastik yg hancur, usahakan posisi koin tidak berubah dengan cara memberikan cairan power glue pada beberapa titik.
setelah itu tutup semua celah antara plastik dan koin dengan menggunakan power glue. tujuannya agar tidak ada kebocoran pada saat proses perbaikan selanjutnya.

selanjutnya, siapkan lem serba guna seperti dibawah ini

masukkan kedua lem ke bagian dalam plastik, lalu aduk kedua campuran lem tersebut dengan menggunakan tusuk gigi, lebih kurang selama 3 menit. Diamkan selama 3 jam, memastikan lem kering sempurna.
ketebalan lem sekitar 0,8 cm, agar mampu menahan pegas pendorong.


karna ketebalan lem sekitar 0,8 cm, maka bagian tengah poros mesin rumput harus dikurangi setebal ketebalan lem, 0,8 cm.

saya gunakan gunting pemotong dahan/ ranting pohon

plastik sisa potongan


rakit dan pastikan pegas berfungsi dengan baik.

saat ini, apabila mesin digunakan di area semen, sudah tidak ada masalah lagi, karena mesin pemotong rumput sudah dibuat kekar.

Thx,  ^_^


0 comments:

Posting Komentar

Popular posts

Pengikut

Buku Tamu

Flag Counter
 

o2 fresh Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates